Wednesday, February 11, 2015

Unik! Dua Negara Ini Punya Pasar Jodoh untuk Para Jomblo

Stara Zagora - Dua negara di dunia, Bulgaria dan Tiongkok memiliki destinasi wisata yang tidak biasa. Adalah Bulgaria dan Tiongkok, yang punya pasar jodoh dan bisa didatangi turis. Cobalah datang ke sana, agar saat valentine tidak sendirian lagi.

Dari berbagai informasi yang dirangkum detikTravel, Rabu (11/2/2015), setidaknya ada 2 pasar jodoh yang bisa dikunjungi, yaitu di Desa Mogila dekat Stara Zagora, Bulgaria dan di People's Park, Shanghai, Tiongkok. Masing-masing pasar mempunyai cara tersendiri untuk membantu para traveler jomblo menemukan jodoh.

Pasar jodoh di Bulgaria yang biasa disebut Bridal market, ada pada hari Sabtu pertama di tengah bulan Maret. Muda-mudi dari komunitas Kalaidzhi Roma berkumpul dengan mengenakan pakaian terbaik mereka. Pokoknya, yang bisa menarik perhatian lawan jenis.


Gadis-gadis menggunakan gaun terbaik dan make up, sedangkan para pria mengenakan celana jeans hitam dengan kaos yang menonjolkan otot kekar mereka. Terkadang dipadukan pula dengan jaket kulit.

Anak gadis Kalaidzhi memang tidak mudah bertemu dengan lawan jenis. Biasanya, pada umur 15 tahun mereka sudah berhenti sekolah dan belajar dari rumah. Mereka hanya berkomunikasi dan mengumpulkan teman via internet.

Maka, diadakannya pasar jodoh ini menjadi ajang yang menarik bagi mereka untuk menemukan pasangan. Para orangtua juga ikut datang. Ketika para muda-mudi berbincang, orangtua akan menunggu di tepi keramaian.

Saat anak-anaknya telah menemukan pasangan, orangtua akan mengambil alih. Keluarga pria akan membayar sejumlah uang kepada keluarga gadis. Untuk gadis yang berparas cantik dan masih perawan harganya cukup tinggi.

Kelompok Kalaidzhi menjunjung tinggi keperawanan. Jadi, bila ternyata sang gadis sudah tidak perawan, uang yang dibayarkan oleh keluarga pria bisa diambil kembali. Hal ini dikarenakan sang gadis dianggap melanggar perjanjian.

Begitulah proses pencarian pasangan di pasar jodoh Bulgaria. Cara seperti ini tidak diterapkan di pasar jodoh yang ada di Tiongkok. Biasanya, para muda-mudi jomblo tidak datang langsung ke pasar karena yang datang malah orangtuanya.

Setiap hari sabtu dan minggu, para orangtua yang anaknya sudah cukup umur dan masih jomblo berkumpul di pasar jodoh yang biasa disebut Marrige Market. Lokasinya berada di People's Park, Shanghai. Para orang tua tersebut membawa surat semacam 'CV' yang berisi informasi mengenai anak-anak mereka.

Di dalam 'CV' tertulis profil sang jomblo yang meliputi usia, tinggi badan, pekerjaan, gaji per bulan dan lain sebagainya. Surat ini dipajang pada tali yang tersedia di pasar. Surat yang dipajang tinggal dibaca saja, jika tertarik bisa langsung menghubungi orangtua yang bersangkutan.

Tak hanya warga Tiongkok, traveler juga banyak yang datang ke pasar ini. Kebanyakan hanya melihat suasana pasar yang unik, tetapi bukan tidak mungkin untuk sekalian mencari jodoh.


http://travel.detik.com/read/2015/02/11/085008/2829516/1520/hai-jomblo-dua-negara-ini-punya-pasar-jodoh?991104topnews

0 comments

Post a Comment