Friday, February 20, 2015

Pemain Pengukir Sejarah Ballon d'Or

Ballon d'Or berasal dari bahasa Perancis yang berarti bola emas. Ballon d'Or merupakan sebuah penghargaan yang diberikan organisasi FIFA kepada pemain terbaik di kancah sepak bola Eropa dengan penampilan terbaik sepanjang tahunnya.

Penghargaan ini untuk pertama kalinya hanya dikhususkan untuk para pemain dari benua biru. Namun sejak tahun 1995 peraturan tersebut dirubah, para pemain dari seantero dunia mempunyai kesempatan untuk memperoleh penghargaan Ballon d'Or dengan syarat bahwa pemain tersebut sedang memperkuat klub naungan UEFA.
Sejak digelar untuk pertama kalinya pada tahun 1956 sampai dengan tahun 2015, Ballon d'Or sudah diadakan sebanyak 59 kali. Perebutan gelar Ballon d'Or yang diadakan setiap tahunnya memang selalu menarik untuk diikuti dan selalu melahirkan nama-nama pengukir sejarah baru.
Tahukah kamu siapa saja para pemain yang telah mengukir sejarah dalam perjalanan Ballon d'Or? Berikut uraian siklusdunia.com.
1. Stanley Matthews
1
Stanley Matthews, pemain pertama peraih Ballon d'Or tahun 1956
Stanley Matthews terkenal sebagai pribadi yang rendah hati. Ia adalah seorang bintang sepak bola dari Inggris yang bermain untuk Blackpool. Ia mendapat julukan "Wizard of Dribble" karena kemampuan dribbling yang luar biasa. Sebagai pesepakbola profesional, pada tahun 1965 ia berhasil menuliskan namanya sebagai pemain pertama peraih Ballon d'Or. Berbekal kemampuan tersebut, pada tahun yang sama ia menjadi yang pertama dari pesepakbola Inggris yang mendapat penghargaan kebangsawanan dari kerajaan Inggris.

2. Johan Cruyff
2
Pemain pertama peraih Ballon d'Or dua tahun berturut-turut
Johan Cruyff, pemain berperawakan tinggi dari negeri kincir angin ini sebelumnya pernah menerima Ballon d'Or pada tahun 1971. Tetapi untuk membuat sejarah dengan menjadi pemain pertama yang menerima penghargaan bergengsi ini dua tahun berturut-turut harus kandas karena pada tahun 1972 Ballon d'Or jatuh ke tangan Franz Backenbauer. Barulah di tahun 1973 dan 1974, Johan Cruyff berhasil mengukir sejarah sebagai pemain pertama yang menerima penghargaan Ballon d'Or dua tahun berturut-turut bersama Barcelona.  
3. Michel Platini
3
Michel Platini, pemain pertama peraih Ballon d'Or tiga kali berturut-turut
Pemain berkebangsaan Perancis ini berhasil menjadi yang pertama dalam menuliskan sejarah perjalanan Ballon d'Or sebagai pemain pertama peraih penghargaan Ballon d'Or tiga tahun berturut-turut. Prestasi gemilang merebut Ballon d'Or tiga tahun berturut-turut ia torehkan pada tahun 1983, 1984 dan 1985 bersama klub elite Seri A Juventus.
4. George Weah
4
Pemain pertama Afrika menerima penghargaan Ballon d'Or tahun 1995
Perubahan peraturan di tahun 1995 memberi kesempatan kepada semua pemain dari luar benua Eropa untuk mencicipi Ballon d'Or. Permainan gemilang yang ditampilkan Goerge Weah pada tahun 1995, telah mengukirkan namanya sebagai pemain terbaik dunia dan eropa. Pemain kelahiran Liberia ini, berhasil mengukir sejarah sebagai pemain pertama yang bukan berasal dari Eropa sebagai peraih Ballon d'Or. Saat itu ia memperkuat tim AC Milan dalam kompetisi Serie A liga Italia.

5. Ronaldo Luis Nazario de Lima
5
Ronaldo, pemain pertama benua Amerika penerima Ballon d'Or
Ronaldo pemain asal Brazil yang mempunyai ciri gigi kelinci dan berkepala plontos ini memang menjadi pemain yang sulit ditaklukkan para pemain belakang. Kehebatannya dalam mengolah si kulit bundar berhasil membawa dirinya masuk dalam sejarah Ballon d'Or. Dia berhasil menjadi pemain pertama dari benua Amerika yang berhasil menjadi pemenang Ballon d'Or sekaligus mengukuhkan dirinya sebagai pemain non Eropa pertama yang berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi ini dua tahun berturut-turut pada tahun 1996 (Barcelona) dan 1997 (Inter Milan). Ia juga menambah trofi Ballon d'Or untuk dirinya pada tahun 2002 bersama klub Real Madrid.

6. Messi
6
Lionel Messi, pemain pertama peraih Ballon d'Or empat kali berturut-turut
Siapa tidak kenal Messi? Pemain Blugrana ini benar-benar fantastis dalam mengocek si kulit bundar. Banyak gelar telah ia persembahkan untuk tim Catalan Barcelona. Tidak salah jika akhirnya ia bisa menorehkan sejarah fantastis dalam perjalanan Ballon d'Or. Messi meraih penghargaan prestisius ini sebagai pemain pertama non Eropa sekaligus pemain pertama dari benua Amerika yang berhasil mendapatkan dan mempertahankan Ballon d'Or tiga tahun berturut-turut, selain itu ia juga mengukuhkan dirinya sebagai yang pemain pertama di dunia yang berhasil memecahkan rekor mendapatkan Ballon d'Or empat kali dan berhasil mempertahankannya selama empat tahun berturut-turut mulai tahun 2009 hingga 2012.

0 comments

Post a Comment