Friday, December 13, 2013

Inilah 10 Artis Indonesia terkaya

JAKARTA (Pos Kota) – Bukan hanya pengusaha yang bisa menjadi miliarder, artis pun dapat menyandang predikat yang sama. Setidaknya ada 10 artis paling tajir saat ini.

Dari 10 artis paling kaya tersebut, tercatat nama Ahmad Dhani di tangga teratas. “Kalau untuk artis terkaya masih dipegang Ahmad Dhani. Tapi kalau penghasil terbesar pada 2011, dia kalah sama Band Wali, terutama dari penjualan RBT yang mencapai 30 juta downloader. Lalu di urutan ke tiga Charly ST 12,” papar Remmy Soetansyah, selaku pengamat musik, kemarin.

Meski tak menyebut total kekayaan dedengkot Band Triad tersebut, Remmy melihat banyak pundi-pundi yang dimiliki Dhani. Seperti penghasilan dari band Triad, dimana Dhani sebagai leader dan vokalis, royalti dari lagu-lagu yang diciptakannya yang dinyanyikan penyanyi/grup lain, plus penghasilan sebagai bos dari Republik Cinta Management (RCM) yang menanungi banyak artis terkenal, seperti Dewi Persik, Mulan Jameela, The Virgin, Andra and The Backbone dan lainnya.

Di urutan ke empat Anjasmara. Pengamat dunia hiburan, yang juga seorang wartawan, Benny Benke, setuju ketika Majalah Global Asia memasukan nama Anjas sebagai artis terkaya. “Dia adalah produser pelaksana di rumah produksi yang sangat produktif, yaitu Multivision Plus. Dalam setahun kemarin, beberapa judul film sukses ditangani Anjasmara. Ditambah lagi penghasilannya sebagai aktor di sinetron stripping Anugerah. Apalagi di sinetron tayangan RCTI tersebut, Anjas memainkan dua karakter sekaligus,” tuturnya.

Bintang muda yang makin mengkilap namanya, Nikita Willy, menempati urutan kelima. Konon, kabarnya, penghasilan Nikita Willy dari honor berakting di sinetron Puteri Yang Ditukar sebanyak 676 episode mencapai miliaran rupiah. Ditambah lagi honor sebagai model iklan lebih dari tiga produk yang dilakoninya, plus honor sebagai penyanyi.

Pada ulang tahunnya yang ke-17 di bulan Juli 2011 lalu, Nikita Willy mendapatkan hadiah mobil Cadillac Escalade ESV warna putih seharga Rp3,4 miliar dari orangtuanya

Nikita yang dua kali menyabet gelar Artis Terfavorit di ajang Panasonic Gobel Award (PGA), disebut-sebut sebagai artis dengan honor termahal.

“Kalau soal itu aku nggak tahu. Karena yang ngurusin semuanya adalah Mama. Dia yang tahu semuanya,” begitu kata Nikita ketika ditemui di Studio Persari, Jagakarsa, beberapa waktu lalu.

USAHA SAMPINGAN

Artis terkaya lainnya ada nama Tukul Arwana. Penghasilan Tukul selain dari honor sebagai pembawa acara Bukan Empat Mata dan Mister Tukul di Trans7, juga penghasilan tetap dari usaha sampingannya yakni rumah kontrakan, model iklan dan lainnya.

Di posisi ketujuh tercatat nama Sule. Komedian yang lahir dari ajang API tayangan MNCTV ini, kini penghasilannya dikabarkan hampir mencapai angka Rp1 miliar dalam sebulan. Penghasilan itu didapat dari honor tampil di OVJ dan Pas Mantab di Trans7, Awas Ada Sule di Global TV dan program lain. Juga dari menyanyi dan job manggung yang kabarnya mencapai angka Rp30 juta untuk sekali manggung.

Sule memiliki empat rumah di Bandung yang digunakan sang istri sebagai tempat usaha. “Aku sudah punya salon, warnet, toko baju dan toko jual-beli ponsel,” katanya beberapa waktu lalu.

Kemudian Olga Syahputra yang juga disebut-sebut sebagai artis terkaya di posisi delapan. Dugaan itu sangat wajar jika melihat aktivitas Olga yang sangat padat. Setiap hari, dia mengisi lebih dari dua program televisi, dari Dahsyat di RCTI, Fesbukers di Antv, Online di Trans TV dan lainnya. Ditambah lagi dengan hasil dari restoran dan butik, plus penampilan off air.

Peringkat sembilan diduduki artis Ayu Ting Ting. “Melihat aktifitasnya yang sangat tinggi, maka bisa dibilang Ayu Ting Ting saat ini masuk dalam daftar artis terkaya. Lihat saja penampilannya yang hampir setiap hari di layar televisi. Belum lagi saban Minggu dia show keliling bersama sebuah produk rokok, show reguler di berbagai tempat, plus membintangi lebih dari tiga produk iklan,” ujar Benke.

Menurut sumber, honor sekali manggung yang diterima Ayu Ting sebesar Rp30 juta – Rp40 juta.
“Alhamdulillah, kalau ada yang bilang seperti itu, saya syukuri,” katanya saat ditemui di MNCTV, beberapa waktu lalu.

Dan di urutan ke sepuluh adalah Titi Kamal. Kekayaan Titi didapat dari honor sinetron, film, model iklan dan bisnis resto serta butik.

Sementara itu, mengutip Majalah Global Asia daftar 10 artis Indonesia terkaya di tahun 2011, yaitu Anjasmara dengan jumlah kekayaan Rp20 miliar, Tukul Arwana Rp15 miliar, Bunga Citra Lestari Rp12,7 miliar, Titi Kamal Rp10 miliar, hingga Julie Estelle memiliki kekayaan Rp 1,65 miliar.(anggara/b)

0 comments

Post a Comment