Sunday, March 2, 2014

Wao Ribuan Koin Emas Terkubur di Tanah, Bernilai US$10 Juta!

Kabar24.com, CALIFORNIA –  Ribuan keping koin emas yang dipendam di dalam tanah dan ditemukan di California, AS, tahun lalu, bernilai lebih dari 10 juta dolar AS atau sekitar 100 miliar rupiah!
Sebanyak 1.400 koin emas, yang berasal dari pertengahan tahun 1800-an, masih dalam kondisi sangat baik.
Koin tersebut berada di delapan wadah kaleng yang tertanam di halaman rumah pasangan suami istri, yang menemukannya pada saat mereka mengajak anjing mereka jalan-jalan, ujar ahli uang koin David McCarthy dari perusahaan Kagin’s.
 “Kami pernah melihat harta karun yang diangkut dari kapal tenggelam (di laut) dengan ribuan koin-koin emas bermutu tingi, tetapi harta karun terkubur (di dalam tanah) seperti ini rasanya belum pernah ada,” ujar McCarthy.
“Saya belum pernah melihat koin-koin sampai senilai ini di Amerika Utara, dan Anda mungkin belum pernah melihat koin dengan kondisi begini bagus.”
Kagin’s menolak mengungkap identitas suami istri yang katanya minta nama mereka tidak diungkap ke publik karena tak ingin pemburu harta karun masuk ke properti mereka di kawasan Northern California, yang dikenal sebagai Gold Country, mengambil nama negara bagian itu pada tahun 1849 yakni Gold Rush.
Pasangan tersebut melihat wadah kaleng yang sudah berkarat muncul di permukaan tanah. Mereka kemudian menggali. Setelah menemukan koin emas, mereka terus menggali dan menemukan lebih banyak lagi.
Memang belum jelas siapa yang menyembunyikan emas yang dicetak pada periode antara  tahun 1847 dan 1894 itu.
Koin emas itu kemungkinan besar masih baru ketika ditanam di dalam tanah, dan rusak sedikit karena berada di dalam tanah dalam periode yang cukup panjang.
McCarthy mengatakan dia membawa koin-koin emas temuan itu ke perusahaan jasa pemeringkat independen, yang menetapkan bahwa jumlah koin emas itu mencapai 1.400 buah dengan nilai  masing-masing 20 dolar AS, 50 buah koin emas bernilai masing-masing 10 dolar AS dan 4 koin bernilai masing-masing 5 dolar AS.
Salah satu koin, bertuliskan 1866-S No Motto Double Eagle, diperkirakan bernilai satu juta dolar AS.
Kagin’s akan menjual sebagian besar koin tersebut di Amazon dan memberikan hasilnya kepada pasangan suami istri itu, sedangkan sample-nya akan dipajang di pameran American Numismatic Association di Atlanta pada akhir bulan ini. (Reuters)
Koin emas terkubur di salah satu kawasan di California, AS/Reuters

0 comments

Post a Comment