Tuesday, January 6, 2015

Wisata Unik Melihat keindahan Raja ampat

Indonesia memang surganya keanekaragaman. Apalagi kalau kita menyibak tentang Raja Ampat, rajanya keanekaragaman hayati dan pesona alam yang natural masih terjaga sampai sekarang. The last paradise on earth itulah julukan untuk tempat indah yang satu ini. 
 

 Wisatawan yang berkunjung tentunya bukan hanya dari lokal saja tetapi sampai ke kancah mancanegara. Laut Raja Ampat sebagai ekosistem dan tempat tinggal dari 75% jenis ikan yang ada di dunia. Dan ada beberapa spesies yang hanya dapat ditemukan di kepulauan ini. Wah, bisa dibayangkan jika hampir sebagian besar jenis ikan yang ada di dunia tinggal di Raja Ampat dan Anda bisa menikmati panorama bawah laut tersebut.
Raja Ampat sendiri berupa kepulauan yang ada di Papua tepatnya di Raja Ampat, Papua Barat. Meski letaknya hampir di penghujung Indonesia tetapi aksesnya masih bisa ditempuh dengan pesawat terbang di kota Sorong, dengan jarak tempuh sekitar 6 jam penerbangan dari Jakarta. Biasanya pesawat akan transit di Makassar atau Manado. 
Selanjutnya, Anda akan menuju Waisai, ibu kota Raja Ampat. Kota Waisai  ini terletak di Pulau Waigeo, salah satu dari 4 pulau utama (pulau besar) di Kepulauan Raja Ampat. Pulau besar di Raja Ampat adalah Pulau Misool, Pulau Salawati, Pulau Batanta, dan Pulau Waigeo.
Obyek wisata yang paling terkenal di Raja Ampat adalah diving dan snorkeling. Namun yang perlu diketahui  bahwa tempat wisata di Papua ini juga memiliki kawasan hutan yang lebat, terumbu karang yang natural, spesies ikan yang hampir lengkap atau tumbuhan dan hewan-hewan langka, disertai tebing yang berwarna-warni juga sarang penyu yang dapat Anda jumpai di tepi-tepi pantai. Alami sekali, bukan?
Jika Anda penyuka tantangan, Anda bisa mendaki karang di Pulau Karang. Sesampainya di puncak pulau Anda akan terpukau oleh pemandangan sekitar yang pastinya nampak lebih indah jika dilihat dari ketinggian. Selain itu kepulauan dengan pasir putih dan air yang jernih ini juga menyediakan penginapan terapung bagi pengunjung dan tentunya disuguhi juga kuliner khas Raja Ampat atau makanan internasional.
Pengunjung yang berada di penginapan terapung akan dengan mudah melihat ikan-ikan berbagai jenis yang berenang bebas di bawah penginapan. Pengunjung pun dibolehkan berenang bersama ikan-ikan cantik tersebut.

Jika Anda tak puas hanya berkunjung pada satu atau dua pulau, Anda dapat berkeliling dengan menyewa perahu beserta pemandu. Pasti sangat mengasyikan jika dapat menikmati pemandangan yang tiada duanya di dunia sekaligus bertanya-tanya tentang wilayah yang luar biasa eksotis ini. Kepulauan yang menyuguhkan panorama tak terbatas ini tentunya menunggu untuk Anda kunjungi. 

0 comments

Post a Comment